Jumat, 14 Juni 2019

Cara setting IP virtual box

Cara Mudah Setting Ip Adress di VirtualBox

 leosaputraa7

1 year ago

Advertisements


NAT (Network Address Translation)

NAT atau (Network Address Translation ) adalah sebuah tipe virtual network default di virtualbox, maksudnya adalah mode NAT akan secara otomatis menjadi tipe jaringan dari sebuah Virtual Machine yang baru. Fungsi NAT yaitu, dapat terhubung langsung ke OS host, dan memungkinkan bila OS host memiliki koneksi internet maka OS guest secara langsung akan mendapat koneksi internet tanpa harus melakukan settingan terlebih dahulu. Dan NAT juga bisa menghubungi atau ping ke OS host tetapi tidak sebaliknya.

Host-Only Adapter

Dalam mode Host-only adapter ini dapat di artikan atau dianggap sebagai gabungan dari mode Bridged dan mode Internal network. Dalam mode ini OS guest dapat mengakses OS host dan sebaliknya OS host juga dapat mengakes OS guest. OS host dan guest yang menggunakan mode jaringan host-only adapter secaralangsung mereka berdua akan berada dalam satu jaringan yang sama dengan menggunakan Ethernet berbasis software.

Cara setting Host-Only Adapter di Virtualbox

Silahkan jalankan virtualbox terlebih dahulu.


Setelah aplikasi virtualbox berjalan silahkan klik file yang terletak pada pojok kiri atas, lalu pilih preferences. Nanti akan muncul jendela baru seperti gambar di bawah ini. Silahkan pilih “network” “host-only networks” “logo plus” seperti yang tertera dalam kotak merah di bawah ini.


Setelah itu akan muncul seperti dalam gambar di bawah ini. Lalu pilih Ok


Setelah itu pilih setting atau yang seperti logo gear


Maka akan muncul jendela baru seperti ini. Pilih “network” lalu pilih “adapter 2” jangan lupa untuk mencentang pada kolom “enable network adapter” lalu pilih “host-only adapter” dan nanti akan otomatis terpilih “vboxnet0” jika sudah tinggal pilih Ok.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar