Selasa, 02 Desember 2014

Mengajar kreatif

Teknik Menghafal Lewat Lagu

Pendekatan belajar dengan menyanyikan lagu sebagai teknik pembelajaran, tentulah sangat efektif. Mengapa? karena anak-anak pasti suka bernyanyi.  Sayangnya lagu-lagu edukatif, apalagi yang menunjang pembelajaran, jumlahnya masih terbatas. Menyadari hal itu, saya mencoba mengubah lagu populer anak-anak untuk diadaptasikan dengan materi pembelajaran. Lagu-lagu hasil gubahan itu terbukti dapat membantu anak didik dalam menghafal materi pembelajaran.

Contoh Lagu pembelajaran  di SD  kelas rendah  adalah sbb:

MATEMATIKA

    Bangun Ruang

lirik : Bangun Tidur

Bangun Ruang Dimana-mana

Ada kubus dan ada balok

Ada tabung dan ada Kerucut

Ada prisma dan ada Bola

(bisa dirubah juga dengan nama-nama bangun datar)

    Bangun Datar

lirik:  Balonku Ada lima

Akulah segitiga

Yang punya kaki sama

Akulah segitiga

Segitiga sama kaki

Akulah segitiga

Yang punya siku-siku

Akulah segitiga

Segitiga siku-siku

    Waktu (Jam)

lirik: Naik- Naik Ke Puncak Gunung

Jam berapa? Jam berapa?

Ini Jam delapan

Jam berapa? Jam berapa

Ini jam sembilan

Jam berapa? Jam berapa?

Ini jam sepuluh

Jam berapa? Jam berapa

Ini jam sebelas

(note: waktu dapat disesuaikan)

BAHASA INDONESIA

    Imbuhan

lirik: Heli

Coba kawan, cobalah terka

3 macam imbuhan

Kalau kawan sudahlah bisa

Tebak apa namanya?

*Awalan.. (tepuk 3 x)

Sisipan

Dan juga akhiran

(* diulang)

    Penggunaan Huruf  Kapital

lirik : ku-ku ru yuk begitulah bunyinya..

Aku sudah tahu gunanya huruf besar

Kalau nama orang pakailah huruf besar

Aku sudah tahu gunanya huruf besar

Kalau nama kota pakailah huruf besar

Aku sudah tahu gunanya huruf besar

Kalau nama hari pakailah huruf besar

IPS

    Dokumen Pribadi

lirik: Kalau Kau Senang Hati

Kalau buat KTP, pergi kemana?     2x

Kalau buat KTP kita pergi kemana?

Kalau buat KTP, pergi kemana?

Ayo kita pergi ke kelurahan 2x

Kalau buat KTP kita ke kelurahan

Ayo kita pergi ke kelurahan!

Kalau buat SIM, pergi kemana? 2x

Kalau mau buat SIM, kita pergi kemana?

Kalau buat SIM, pergi kemana?

Ayo kita pergi ke kantor polisi    2 x

Kalau mau buat SIM, kita ke kantor polisi

Ayo kita pergi ke kantor polisi!

lirik : Cicak-Cicak di Dinding

Ini ijazah TK ku

Akte Kelahiranku

Dokumen pribadiku

Kusimpan, jaga selalu

PKn

    Hak Anak di Rumah

lirik: Nama-nama Rasa

Siapa berhak bermain di rumah? aku, aku, aku.. aku itulah aku

Siapa berhak mendapat kasih sayang? aku,aku , aku itulah aku

Siapakah berhak dapat itu semua? aku.. aku..aku

Itu semua hak anak di rumah

Betapa bahagia kita semua…

IPA

    Sumber Energi

lirik: pelangi

Energi energi, kutahu energi

panas, gerak  , air, listirk serta angin

energi energi kutahu energi

energi, energi banyak manfaatya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar