Selasa, 16 Desember 2014

Soal olimpiade mtk


PEMBINAAN OLIMPIADE MATEMATIKA SD/MI
PERSIAPAN OSN dan IMSO 2013

1. Berilah contoh 3 bilangan asli yang mempunyai tepat 3 faktor berbeda.
(Seleksi Tingkat Provinsi Jawa Timur, Olimpiade Sains Nasional SD, Surabaya, 26 Juli 2005)

2. Pak Adi memberikan kupon berhadiah televisi berwarna 29 inchi kepada para pembeli di tokonya. Di balik setiap kupon dituliskan satu bilangan asli dari 1 sampai dengan 1000. Untuk setiap pembelian di atas Rp 50,000,00, pembeli mendapatkan 1 kupon. Hadiah televisi tersebut diberikan kepada pembeli yang mempunyai 3 kupon yang memuat 3 bilangan asli berurutan dan jumlahnya tidak habis dibagi 3. Berapa banyaknya televisi yang harus disiapkan Pak Adi?
(Seleksi Tingkat Provinsi Jawa Timur, Olimpiade Sains Nasional SD, Surabaya, 26 Juli 2005)

3. Adi, seorang penjual minyak tanah, hanya mempunyai takaran 4 literan dan 5 literan. Tetangganya ingin membeli minyak tanah 3 liter. Bagaimana cara Adi menakar minyak tanah 3 liter dengan akurat?
(Seleksi Tingkat Provinsi Jawa Timur, Olimpiade Sains Nasional SD, Surabaya, 26 Juli 2005)

4. Diketahui pola berikut

       Tentukan nilai .
(Seleksi Tingkat Provinsi Jawa Timur, Olimpiade Sains Nasional SD, Surabaya, 26 Juli 2005)

5. Find a number greater than 0,2 but less than .
(Seleksi Tingkat Provinsi Jawa Timur, Olimpiade Sains Nasional SD, Surabaya, 26 Juli 2005)

6. Selidikilah apakah pernyataan “Jumlah tiga bilangan asli berurutan selalu habis dibagi 2” benar! Jika salah berilah contoh penyangkal.
(Seleksi Tingkat Provinsi Jawa Timur, Olimpiade Sains Nasional SD, Surabaya, 26 Juli 2005)

7. Bilangan 10 dapat dinyatakan sebagai penjumlahan dari empat bilangan ganjil dengan tiga cara, yaitu , dan .
a. Gunakan pola di atas untuk menyatakan bilangan 12 sebagai penjumlahan dari empat bilangan ganjil. Berapa banyaknya cara yang diperoleh?
b. Berapa banyaknya cara bilangan 20 dinyatakan sebagai penjumlahan delapan bilangan ganjil?
(Seleksi Tingkat Provinsi Jawa Timur, Olimpiade Sains Nasional SD, Surabaya, 26 Juli 2005)

8. Jarak rumah Amir ke sekolah adalah 4 km. Jarak rumah Mira ke sekolah adalah 3 km. Tentukan jarak rumah Amir ke rumah Mira.
(Seleksi Tingkat Provinsi Jawa Timur, Olimpiade Sains Nasional SD, Surabaya, 26 Juli 2005)

9. Perhatikan pola nilai pada fungsi , dengan n bilangan prima, berikut:
, bilangan prima
, bilangan prima
, bilangan prima
Selidiki apakah selalu menghasilkan bilangan prima, untuk n prima.
(Seleksi Tingkat Provinsi Jawa Timur, Olimpiade Sains Nasional SD, Surabaya, 26 Juli 2005)

10. Ani membuka sebuah buku. Ternyata kedua nomor halaman yang tampak bila dijumlahkan hasilnya 333. Kedua halaman buku yang dimaksud adalah.....
(Olimpiade Sains Nasional II 2003 – Matematika Sekolah Dasar, Hari I – Balikpapan, 16 September 2003)
11. Seekor kambing diikat di lapangan berumput dengan tali yang panjangnya 7 meter pada sebuah tiang. Tentukan luas daerah yang dapat dijadikan kambing tempat memakan rumput.
(Olimpiade Sains Nasional II 2003 – Matehmatika Sekolah Dasar, Hari I – Balikpapan, 16 September 2003)

12. Jumlah dari dua bilangan bulat adalah 19, sedangkan selisihnya 5. Carilah hasil kali dari kedua bilangan tersebut!
(Olimpiade Sains Nasional II 2003 – Matematika Sekolah Dasar, Hari I – Balikpapan, 16 September 2003)

13. Jumlah dua bilangan prima adalah 12345. Tentukan hasil kali kedua bilangan tersebut.
(Olimpiade Sains Nasional II 2003 – Matematika Sekolah Dasar, Hari I – Balikpapan, 16 September 2003)

14. Pak John senang membuat teka-teki. “Jika kamu bagi umurku dengan 2, maka akan dipeoleh sisa 1”, katanya. “Kemudian, jika kamu bagi umurku dengan 3, 4 atau 5 juga akan diperoleh sisa 1”. Berapakah umur Pak John?
(Olimpiade Sains Nasional II 2003 – Matematika Sekolah Dasar, Hari I – Balikpapan, 16 September 2003)

15. Ada enam pemain yang biasa bermain ganda di sebuah perkumpulan bulutangkis, yaitu Ahmad, Tatang, Didi, Wono, Robert dan Sisworo. Ada berapa pasangan berbeda yang bisa dibentuk dari keenam pemain tersebut?
(Olimpiade Sains Nasional II 2003 – Matematika Sekolah Dasar, Hari I – Balikpapan, 16 September 2003)

16. Berapa banyakkah bilangan prima 2-angka yang jumlah kedua angkanya juga bilangan prima?
(Olimpiade Sains Nasional II 2003 – Matematika Sekolah Dasar, Hari I – Balikpapan, 16 September 2003)

17. Kita mempunyai sekumpulan segitiga samasisi dengan panjang sisi 1 satuan.
a. Susunlah beberapa segitiga samasisi sehingga membentuk segi-6 beraturan yang panjang sisinya 1 satuan. Berapa segitiga yang diperlukan?
b. Berapa segitiga samasisi yang diperlukan untuk membentuk segi-6 beraturan yang panjang sisinya 2 satuan?
c. Berapa pula untuk segi-6 beraturan yang panjang sisinya 3 satuan?
d. Menurutmu berapa segitiga samasisi yang diperlukan untuk membentuk segi-6 beraturan yang panjang sisinya 10 satuan?
(Olimpiade Sains Nasional II 2003 – Matematika Sekolah Dasar, Hari II – Balikpapan, 17 September 2003)

18. Meja-meja belajar di kelasku disusun dalam banyak baris yang sama. Mejaku berada pada baris keempat dari depan dan ketiga dari belakang. Ada 4 meja di sebelah kanan dan 1 meja di sebelah kiri. Berapa banyak meja di kelasku?
(Olimpiade Sains Nasional III 2004 – Matematika Sekolah Dasar, Hari I – Pekanbaru, 25 Agustus 2004)

19. Gunakan keempat angka 1, 3, 6 dan 9 untuk membuat sebuah bilangan 4-angka sesuai petunjuk berikut:
Angka 3 bukan angka ribuan
Angka 9 terletak tepat di antara 1 dan 6
Angka 1 terletak tepat di antara 3 dan 9
Tentukan bilangan dimaksud.
(Olimpiade Sains Nasional III 2004 – Matematika Sekolah Dasar




Tidak ada komentar:

Posting Komentar